Pengelolaan Kelas
Sekolah
sebagai organisasi kerja terdiri dari beberapa kelas, baik yang bersifat
paralel maupun yang menunjukkan penjenjangan. Setiap kelas merupakan untuk
kerja yang berdiri sendiri dan berkedudukan sebagai sub sistem yang menjadi
bagian dari sebuah sekolah sebagai total sistem.
Pengembangan sekolah sebagai total sistem atau satu kesatuan organisasi, sangat tergantung pada penyelenggaraan dan pengelolaan kelas. Baik di lingkungan kelas masing-masing sebagai unit kerja yang berdiri sendiri maupun dalam hubungan kerja antara kelas yang satu dengan kelas yang lain.
Pengembangan sekolah sebagai total sistem atau satu kesatuan organisasi, sangat tergantung pada penyelenggaraan dan pengelolaan kelas. Baik di lingkungan kelas masing-masing sebagai unit kerja yang berdiri sendiri maupun dalam hubungan kerja antara kelas yang satu dengan kelas yang lain.
Oleh
karena itu setiap guru kelas atau wali kelas sebagai pimpinan menengah (middle
manager) atau administrator kelas, menempati posisi dan peran yang penting,
karena memikul tanggung jawab mengembangkan dan memajukan kelas masing-masing
yang berpengaruh pada perkembangan dan kemajuan sekolah secara keseluruhan,
setiap murid dan guru yang menjadi komponen penggerak aktivitas kelas, harus
didayagunakan secara maksimal agar sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi
bagian yang dinamis di agar sebagai suatu kesatuan setiap kelas menjadi bagian
yang dinamis di dalam organisasi sekolah.
Dari
uraian di atas jelas bahwa program kelas
akan berkembangan bilamana guru/wali kelas mendayagunakan secara maksimal
potensi kelas yang terdiri dari tiga unsur yakni: guru, murid dan proses atau
dinamika kelas.
1.
Kelas dalam arti sempit yakni ruangan
yang dibatasi oleh empat dinding, tempat sejumlah siswa berkumpul untuk
mengikuti proses mengajar belajar. Kelas dalam pengertian tradisional ini
mengandung sifat statis karena sekedar menunjuk pengelompokan pada batas umur
kronologis masing-masing.
2.
Kelas dalam arti luas adalah suatu
masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah, yang sebagai satu
kesatuan diorganisir menjadi unit kerja yang secara dinamis menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan mengajar belajar yang keratif untuk mencapai suatu tujuan.
Beberapa
faktor yang mempengaruhi perwujudan management kelas dalam pengertian kelas
adalah:
a.
Kurikulum
b.
Bangunan dan Sarana
c.
Guru
d.
Murid
e.
Dinamika Kelas
f.
Lingkungan Sekitar
0 komentar:
Posting Komentar