Kamis, 22 November 2012

PENTINGNYA KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI

 sudah diperlukan saat sekarang?
Makin canggihnya perkembangan zaman maka computerpun sebagai teknologi moderen memberi pengaruh yang cukup besar pada perkembangan anak usia dini.
computer yang diperkenalkan sejak usia dini akan sangat berguna bagi anak karena setelah anak dewasa mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai perkembangan dunia dan tidak akan canggung dengan teknologi-teknologi yang ada. selain itu dalam proses pembelajaran dengan menggunakan  computer sangat menarik bagi anak suara-suara dan gambar-gambar membuat anak tidak cepat bosan sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.
Computer menjadi suatu media pembelajaran alternative anak usia dini sehingga sanggat membatu dalam berbagai aspek perkembangan anak usia dini yang daya konsentrasi nya tidak lebih dari 15 menit, tapi dengan menggunakan computer anak lebih teransang dalam mengetahui sesuatu. Selain itu dengan banyak nya software-software dengan program tertentu dalam bentuk CD interaktif untuk membantu pembelajaran anak usia dini sehingga pembelajaran dapat terbantu seperti pembelajaran yang sifatnya islami. Mulai dari pengenalan huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri, bentuk binatang, nama-nama benda dan lain-lain. Metode yang di tampilkan pun berbeda-beda, misal nya ada yang menggunakan cerita, nyanyi-nyanyian, suara dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga terdapat keterlibatan terhadap diri anak.
Pembelajaran melalui CD alternatif di terapkan pada anak usia dini juga dapat menstimulasi berbagai kecerdasan anak usia dini misalnya:
·         kecerdasan kognifif dengan bertambahnya pengetahuan dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu
·         perkembangan bahasa anak dengan bertambahnya kosa kata anak
·         motorik halus anak seperti anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi terutama dalam penggunaan komputer.
Penggunaan komputer juga berpengaruh terhadap komunikasi yang meliputi berbicara, membaca dan menulis. Sikap positif dan meningkatnya interaksi sosial mengarahkan pada peningkatan penggunaan bahasa anak usia dini
Dengan pembelajaran menggunakan computer dapat membuka wawasan anak dan tidak ada lagi pembatas antara ruang dan waktu sehingga pengetahuan anak pun dapat ber kembang, dari hasil penelitian saya anak lebih cepat menangkap suatu pembelajaran dengan menggunakan computer karna di kemas secara menarik dengan menggunakan gambar,suara atau pun nyanyian sehingga anak terfokus pada suatu pembelajaran. Pada game edukatif dapat membantu perkembangan anak, misalnya pada saat anak bermain mengenal bunyi suara hewan dan anak menebak suara hewan apa kah itu lebih cepat di tangkap anak dari pada pembelajaran yang bersifat formal.
J ChaildhOod education niaa J

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar